sampurasun

Senin, 18 Juli 2011

TARI GLIPANG KARAKAN DI LUMAJANG

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

Kota Lumajang adalah kota yang sebagian besar wilayahnya berupa dataran tinggi disertai panorama yang indah. Banyaknya tempat wisata yang sangat menarik dikunjungi juga menjadi tempat favorit masyarakat, berlibur bersama keluarga, teman dan sanak saudara.

Jumlah penduduk kota Lumajang kira-kira sekitar 700.000 dengan luas sekitar 125.588 kilometer persegi. Kepadatan penduduk mencapai  5.000-12.000 jiwa perkilometer persegi. Masyarakat Lumajang terkenal religious, dinamis, suka bekerja keras  dan sederhana.
Letak kota Lumajang memang strategis dan merupakan wilayah yang dikelilingi dengan pegunungan dan pesisir.Kekayaan etnik dan budaya yang dimiki oleh kota Lumajang pengaruh terhadap kesenian tradisional  yang ada. Salah satunya adalah tari Glipang Karakan, namun sekarang ini makin tenggelam dengan adanya kesenian modern yang meraja lela dikalangan remaja. Gaya kesenian ini adalah wujud adanya perpaduan antara kesenian terbang kalipang dengan kesenian rodat yang kemudian menjadi satu menjadi kesenian tari Glipang Karakan.

Tari Glipang Karakan ini diperkirakan muncul pada tahun 1980-an dan berkembang luas selama masa krisis moneter. Tari merupakan perlambangan bagi sifat manusia, karena  dalam tari yang menggambarkan kekukuhan dan kekuatan manusia. Biasanya tari ini ditampilkan diacara karnaval-karnaval keliling atau disuatu acara tertentu.

Sampai saat Tari Glipang Karakan masih bertahan dan memiliki penerus-penerus tapi Tari ini banyak mengalami perubahan dalam gerak karena diwariskan secara turun temurun.Tari Glipang Karakan ini sudah mendekati kepunahan walaupun masih tetap mengikuti event-event  penting kesenian tradisional tingkat nasional.


1.2  RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang masalah diatas , dirumuskan permasalah Sebagai  berikut :
1.    Bagaimanakah  sejarah seni  Tari Glipang Karakan?
2.    Apa sajakah struktur, nama ragam dan iringan music Tari Glipang Karakan?
3.    Berapakah jumlah penari dalam Tari Glipang Karakan ?
4.    Apakah fungsi dari Tari Glipang Karakan?

1.3  TUJUAN PENELITIAN

Tujuan dari penelitian ini adalah :
1.    Untuk mengetahui sejarah Tari Glipang Karakan Lumajang
2.    Untuk mengetahui beberapa instrument-instrument yang digunakan didalam Tari Glipang Karakan.
3.    Untuk mengetahui jumlah penari dalam Tari Glipang Karakan Lumajang.
4.    Untuk mengetahui fungsi dari Tari Glipang Karakan Lumajang.

0 komentar:

Posting Komentar