sampurasun

Senin, 18 Juli 2011

Tari Topeng

Tari Topeng

Tari Topeng yang merupakan salah satu tarian favorit saya. Menari di balik topeng tidak semudah yang terlihat, membutuhkan banyak energi, konsentrasi dan napas yang terkontrol dengan baik.
Sebenarnya di Indonesia ada beberapa jenis Tari Topeng tapi kali ini saya akan mengulas Tari Topeng dari daerah Jawa Barat atau tepatnya Tari Topeng Priangan.
Tari Topeng Priangan merupakan buah karya maestro tari Sunda Nugraha Soradiredja.  Dalam Tari Topeng terdapat 5 karakter utama atau lebih terkenal dengan TOPENG 5 Watakyaitu :

Topeng Panji yang menceritakan awal kehidupan manusia, sehingga topeng yang dipakai berwarna putih bersih dan gerakannya yang lebih halus dan lembut. Bahkan hampir tidak ada gerakan berjalan.

Topeng Samba atau Pamindo lebih leincah dalam gerakan karena lebih menampilkan kisah masa kanak-kanak
.
Topeng Rumiyang merupakan tarian dengan pase manusia telah meningkat ke akhir baligh sehingga gerakan yang lincah dan lembut berbaur menjadi satu.

Topeng Patih atau Tumenggung menampilkan sosok manusia dewasa dengan gerakan yang lebih tegas.

Topeng Kelana atau Rahwana menggambarkan tentang amarah pada diri manusia sehingga setiap gerakannya tegas dan memerlukan tenaga lebih besar dari watak yang lainnya.

Tari topeng  juga sering ditarikan dalam bentuk sendratari kecil selain tari topeng 5 watak ada juga  topeng 3 watak yang menceritakan tentang Rahwana yang ingin mempersunting Dewi Shinta.

Topeng 3 Watak hanya menampilkan 3 watak topeng yaitu Topeng Rumiyang atau Kencana Wungu sebagai Dewi Shinta yang ditarikan oleh penari wanita dalam balutan kostum ungu, lalu Topeng Patih dan Topeng Rahwana yang identik dengan warna merah.

0 komentar:

Posting Komentar