sampurasun

Senin, 18 Juli 2011

TARI GLIPANG KARAKAN DI LUMAJANG

BAB II
PEMBAHASAN

Tari Glipang Karakan dari Kabupaten Lumajang
Asal Tarian : Desa Nguter Kecamatan Pasirian
Kabupaten Lumajan
A. Asal- Usul Tarian Glipang Karakan
          Kesenian Glipang Karakan tumbuh dan berkembang di desa Nguter kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Desa Nguter terletak di sebelah utara kota Pasirian yang jaraknya antara 22 km dari kota Lumajang dan 2 km dari kecamatan Pasirian.
          Sekitar tahun 1912 di daerah pesisir pulau jawa bagian timur yang terletak di selat Madura, banyak orang Madura yang melakukan imigrasi local ke daerah-daerah Probolingga, Lumajang, Situbondo, Bondowoso, Jember dan Pasuruan. Mereka melakukan migrasi local dengan alas an untuk mencari pekerjaan guna memenuhi kebutuhan hidup. Secara otomatis orang-orang Madura berbaur dengan orang-orang Jawa penduduk asli setempat dan memperluas keturunan.
Bapak Kandar adalah pencetus pertama berdirinya kesenian terbang kalipang diLumajang. Terbang diambil dari salah satu alat musiknya, kalipang diambil dari nama desa Bapak Kandar dilahirkan yaitu Kalipang Kabupaten Pasuruan. Karena kesenian Terbang Kalipang terpengaruh dialek orang jawa yaitu penduduk lumajang maka nama Terbang Kalipang menjadi Glipang.
Pada tahun-tahun berikutnya kesenian terbang Kalipang, di bawah pimpinan Bapak Kandar semakin berkembang. Bentuk jurus-jurus silat utuh, akhirnya berbentuk seperti sebuah tarian. Ragam gerak tari ini tidak lepas dari unsur pencak silat, namun hanya sedikit yang telah mengalami perkembangan gerak, tujuannya agar tari tuersubut indah. Tari ini menggambarkan seorang pemuda yang gagah perkasa yang sedang melakukan uji ketangkasan bela diri. Semakin lama kesenian Terbang Kalipang semakin berkembang dan menyebar ke seluruh wilayah Lumajang.
 Dalam dunia seni yaitu bahwa seni selalu berkembang, lahir,  berkembang, mencapai puncak, perkembangan, merosot dan pada akhirnya mati. Demikian juga yang terjadi pada kesenian ini Glipang mengalami minimnya pesanan /tanggapan. Banyak anak buah Bapak Kandar yang melepaskan diri untuk mencari pekerjaan yang lebih layak lagi. Dalam kesenian ini, salah satu anak buah Bapak Kandar yang melepaskan diri dari grup Terbang Kalipang adalah Bapak Sunjoto pada tahun 1994-an beliau berusaha mengembangkan kembali kesenian terbang kalipang hanya saja beliau lebih mengembangkan gerak pada Rodat Barisan. Rodat Barisan ini menyimbolkan agar dapat merekatkan hubungan tali persaudaraan. Akhirnya Bapak Sunjoto memberi nama tari Glipang Karakan yang diartikan sebagai perkembangan dari Rodhat Barisan.

B.  Struktur Gerak
Untuk motif gerak tari Glipang Karakan adalah pencak silat, pencak yaitu permainan(keahlian) untuk mempertahankan diri dengan kepandaian menangkis, mengelak dan sebagainya. Silat yaitu olah raga yang didasarkan pada ketangkasan menyerang dan membela diri, dengan memakai atau tanpa senjata.

C. Nama Ragam Gerak Tari Glipang Karakan
-          Jalan hormat
-          Penghormatan (geleg kepala, salaman, tangkisan duduk)
-          Junjungan buka tangan, tangkisan, tangkisan atas
-          Junjungan buka tangan, ngikut, tangkisan mundur
-          Nggelap putar, tangkisan bawah/ tengah, tangkisan atas
-          Nggelap ditempat, tangkisan tengah, tangkisan belakang, tancep
-          Ukel tangan penthang kiri-kanan, pukulan, tangkisan bawah, tancep
-          Putar using
-          Sembahan berdiri, tancep
-          Sembahan ukel
-          Sembahan akhir, tancep
-          Egolan, tancep
-          Perempatan, maju mundur using
-          Sembahan akhir

D. Musik Iringan
-          1 buah Jidor
-          2 Ketipung lanang, wedhok                           
-          4 buah terbang da 1 rebana
-          1 buah kecrek
 
E. Tata Rias dan Busana
Penari Glipang Karakan biasa dilakukan oleh penari putra yang menggambarkan seorang laki-laki yang sedang uji ketangkasan. Jadi dalam pementasannya tidak menggunakan tata rias wajah
Tata Busana :
-          Topi Polisi
-          Kacamata hitam
-          Ter dada
-          Slempang
-          Baju berwarna biru lengan pangjang
-          Ikat pinggang
-          Senjata laras panjang/ bedhil
-          Celana panjang warna biru
F. Tempat pertunjukan
  Jika sebuah karya seni akan dipertontonkan, maka lazimnya penampilan itu dinamakan ”Pementasan”. Dalam pengertiannya, pentas merupakan bagian dari panggung yaitu suatu tempat yang difungsikan agar penonton dapat melihat dengan jelas.
Proses pementasan tari Glipang Karakan diarak di jalan seperti karnaval. Kemudian berhenti disalah satu halaman rumah. Dihalaman itulah penari tari Glipang Karakan mengadakan atraksi.
G. Jumlah Penari
Tari Glipang Karakan memiliki makna simbolis dengan jumlah penari 5 orang laki-laki tidak boleh lebih atau kurang. Makna dari 5 adalah dari unsur agama islam. 5 berarti kewajiban umat islam menjalankan sholat 5 waktu dari unsure jawa 5 melambangkan 4 kiblat 5 badan yaitu 4 arah mata angin dan 5 badan kita. Tari glipang karakan ini disebut juga tari kelompok karena tari tersebut dilakukan oleh lebih dari dua orang penari yang saling memberikan respon baik secara individu dengan kelompok atau sebaliknya.
H. Fungsi Tari Glipang Karakan Bagi masyarakat
1.    Sebagai sarana hiburan
Tari Glipang merupakn sarana hiburan bagi masyarakat setempat baik untuk penyambutan tamu baik penyambutan mentri maupun tamu-tamu penting lainnya. Selain itu Tari Glipang juga untuk acara pembukaan misalnya pembukaan pada acara HARJALU(Hari Jadi kota Lumajang) dan pada acara agustusan.
2.     Sebagai pertunjukan
Tari Glipang juga berfungsi sebagai pertunjukan bahwa kesenian itu kehadirannya untuk ditonton keindahannya saja, atau dinikmati segi estetisnya. Dalam fungsinya sebagai pertunjukkan tari Glipang Karakan sering dibutuhkan pemerintah untuk mengisi acara-acara tertentu.
3.    Sebagai sarana pendidikan
Tari Glipang Karakan juga berfungsi sebagai sarana pendidikan.
Hal ini terkandung didalam hal penyajian tari tersebut, dalam unsur- unsur kesenian yang
dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan yaitu pendidikan untuk masyarakat kecil atau masyarakat pedesaan, mengingatkan kita sebagai manusia akan ajaran- ajaran Allah SWT serta mengajak untuk selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangan-NYA.

I.    Berdasarkan Konsep Garap
Tari Glipang Karakan merupakan tari Dramatik karena tarian tersebut lebih menonjolkan keguguhan dan kekuatan dalam gerakan. Selain itu ditinjau dari jenis tarinya Tari Glipang termasuk tari Kerakyatan yaitu tarian yang hidup dan didukung oleh masyarakat daerah secara turun temurun dan telah dianggap sebagai milik rakyat di daerah tertentu.

J.   Berdasarkan Tema
          Tari Glipang Karakan memiliki tema kepahlawanan. Karena menunjukkan keperkasaan dan keguguhan seorang prajurit yang melawan musuhnya.
 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Boleh tahu sumbernya darimana?

Posting Komentar